Friday, April 4, 2014
Shorof. Silabus Shorof Mts. Kelas VII Semester 1
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (10) (11)
1.1.Menyebutkan definisi bina’.
Bina’ dan macam macamnya Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
• Siswa diminta Menulis definisi bina’
• Guru dan siswa menyimpulkan definisi bina’
• Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk lebih memahami definisi bina’
• Dapat menjelas-kan definisi bina’
• Dapat menyebutkan definisi bina’
• Hafal definisi bina’ Tes tulis • Uraian
• Pilihan Ganda 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
1.2 Menyebutkan macam-macam bina’ dan pengertiannya Bina’ dan macam macamnya Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri • Siswa diminta Menulis macam macam bina’
• Siswa diminta Menyebutkan macam macam bina’
• Guru dan siswa menyimpulkan macam macam dan pengertian dari masing masing bina’
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk lebih memahami macam macam dan pengertian dari masing masing bina’
• Dapat menjelaskan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz.
Dapat menyebutkan macam-macam bina’
Dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan bina’nya
Dapat membedakan Bina’ satu dengan bina’yang lain Tes tulis • Uraian
• Pilihan Ganda 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
1.3. Menyebutkan Pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh. Tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh
Diskusi berkelompok untuk membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh
Meminta siswa mengidentifikasi Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya
Guru dan siswa menyimpulkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh
Menjelaskan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh
Mampu membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh
Menghafalkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh
Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya Tes tulis • Uraian
• Pilihan Ganda 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
1.4. Menyebutkan Pengertian Shighot dan macam macamnya Shighot Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Shighot dan macam macamnya
Diskusi berkelompok untuk membedakan Shigot
Meminta siswa Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya
Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Shighot dan pengertian dari macam macam Shighot
Menjelaskan pengertian Shighot
Menyebutkan macam-macam Shighot
Menyebutkan definis dari macam-macam Shighot
Hafal macam macam Shigot serta pengertiannya
Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 2.Memahami Fi’il Tsulatsi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
2.1. Menyebutkan pengertian fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya Fi’il tsulasi mujarrod Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod
Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod
Diskusi berkelompok untuk membuat rangkuman tentang pembagian Fi’il tsulasi mujarrod
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod
Menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod
Menyebutkan macam-macam Fi’il tsulasi mujarrod
Menyebutkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod
Hafal wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 4 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
3.1. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I
Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
3.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II
Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
3.3. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III
Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
3.4. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV
Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
3.5. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V
Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
3.6. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI
Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 4.Memahami Fi ’il Ruba'i Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
4.1.Menyebutkan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod Fi ’il Ruba'i Mujarrod Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod
Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Shighot dan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod
Menjelaskan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod
Menyebutkan wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod
Hafal wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan
2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 4.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
4.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba' Mujarrod
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba' Mujarrod
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod
Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod
Siswa apat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod
Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 5.Memahami Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
5.Menyebutkan pengertian fi’il Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq dan macam macamnya Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq
Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq
Diskusi berkelompok untuk membuat rangkuman tentang pembagian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq
Menjelaskan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq
Menyebutkan macam-macam wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq
Hafal wazan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.1 Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.3. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.4. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.5. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.6. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM
Mata Pelajaran : Shorof
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10)
6.7. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Cinta ilmu
Gemar Membaca
Kreatif
Disiplin
Mandiri
Ingin tahu
Kerja sama Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Mampu men-cari sumber belajar sendiri
Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII
Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII
Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII
Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII
Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Tes tulis
Tes Lisan • Uraian
• Pilihan Ganda
Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah
• Tashrif kilat
• Buku penunjang
Mengetahui,
Kepala Madrasah
MOH.YAHYA HUSNAN
Jombang,10 Juli 2012
Guru Mata Peljaran Shorof
HAMAM NASIRUDDIN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Assalamu'alaikum ustadz.
ReplyDeleteAfwan, apa saya boleh minta file silabus Sharaf kelas VII semester 1?
Sebelumnya terima kasih 🙏