Friday, April 4, 2014

Shorof. Silabus Shorof Mts. Kelas VII Semester 1

SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (10) (11) 1.1.Menyebutkan definisi bina’.  Bina’ dan macam macamnya  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri • Siswa diminta Menulis definisi bina’ • Guru dan siswa menyimpulkan definisi bina’ • Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk lebih memahami definisi bina’ • Dapat menjelas-kan definisi bina’ • Dapat menyebutkan definisi bina’ • Hafal definisi bina’ Tes tulis • Uraian • Pilihan Ganda 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 1.2 Menyebutkan macam-macam bina’ dan pengertiannya  Bina’ dan macam macamnya  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri • Siswa diminta Menulis macam macam bina’ • Siswa diminta Menyebutkan macam macam bina’ • Guru dan siswa menyimpulkan macam macam dan pengertian dari masing masing bina’ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk lebih memahami macam macam dan pengertian dari masing masing bina’ • Dapat menjelaskan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz.  Dapat menyebutkan macam-macam bina’  Dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan bina’nya  Dapat membedakan Bina’ satu dengan bina’yang lain Tes tulis • Uraian • Pilihan Ganda 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 1.3. Menyebutkan Pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh. Tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh  Diskusi berkelompok untuk membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh  Meminta siswa mengidentifikasi Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh  Menjelaskan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh Mampu membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh  Menghafalkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh  Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya Tes tulis • Uraian • Pilihan Ganda 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 1.Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 1.4. Menyebutkan Pengertian Shighot dan macam macamnya Shighot  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Shighot dan macam macamnya  Diskusi berkelompok untuk membedakan Shigot  Meminta siswa Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Shighot dan pengertian dari macam macam Shighot  Menjelaskan pengertian Shighot  Menyebutkan macam-macam Shighot  Menyebutkan definis dari macam-macam Shighot  Hafal macam macam Shigot serta pengertiannya  Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 2.Memahami Fi’il Tsulatsi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 2.1. Menyebutkan pengertian fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya Fi’il tsulasi mujarrod  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod  Diskusi berkelompok untuk membuat rangkuman tentang pembagian Fi’il tsulasi mujarrod  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod  Menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod  Menyebutkan macam-macam Fi’il tsulasi mujarrod  Menyebutkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod  Hafal wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 4 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3.1. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3.3. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3.4. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3.5. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 3.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 3.6. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 6 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 4.Memahami Fi ’il Ruba'i Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 4.1.Menyebutkan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Shighot dan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Menjelaskan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Menyebutkan wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Hafal wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 4.Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 4.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba' Mujarrod  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba' Mujarrod  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod  Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod  Siswa apat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 5.Memahami Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 5.Menyebutkan pengertian fi’il Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq dan macam macamnya Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Menelaah berbagai literatur untuk dapat Menjelaskan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Diskusi berkelompok untuk membuat rangkuman tentang pembagian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Menjelaskan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Menyebutkan macam-macam wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq  Hafal wazan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.1 Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.3. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.4. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.5. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.6. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang SILABUS PEMBELAJARAN Madrasah : MTs.FATTAH HASYIM Mata Pelajaran : Shorof Kelas / Semester : VII / I Standar Kompetensi : 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Nilai Budaya & Karakter Bangsa Nilai-Nilai Kewirausahaan Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Instrumen (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 6.7. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Cinta ilmu  Gemar Membaca  Kreatif  Disiplin  Mandiri  Ingin tahu  Kerja sama  Percaya diri  Berorientasi tugas dan hasil  Mampu men-cari sumber belajar sendiri  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri  Meminta siswa untuk menyebutkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Meminta siswa untuk menghafalkan wazan dan Mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Diskusi berkelompok untuk menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Sisa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Tes tulis Tes Lisan • Uraian • Pilihan Ganda Hafalan 2 x 40’ • Amtsilah tashrifiyah • Tashrif kilat • Buku penunjang Mengetahui, Kepala Madrasah MOH.YAHYA HUSNAN Jombang,10 Juli 2012 Guru Mata Peljaran Shorof HAMAM NASIRUDDIN

1 comment:

  1. Assalamu'alaikum ustadz.
    Afwan, apa saya boleh minta file silabus Sharaf kelas VII semester 1?
    Sebelumnya terima kasih 🙏

    ReplyDelete