Friday, April 4, 2014
silabus tahaji kelas 1
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami cara melafalkan huruf huruf hijaiyyah
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal huruf huruf hijaiyyah Huruf huruf hijaiyyah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan bahwa huruf hijaiyyah ada 28
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga lain tentang huruf huruf hijaiyyah
• Menyimak dan menulis huruf hijaiyyah dengan benar
• Membaca berulang ulang huruf hijaiyyah secara klasikal melalui bimbingan guru
• Menulis huruf huruf hijaiyyah dengan benar
• Menyebutkan huruf huruf hija iyyah dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah dengan benar
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan ,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Macam macam harokat Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan bahwa harokat ada 8
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang macam macam harokat
• Menyimak dan menulis macam macam harokat dengan benar
• Membaca berulang ulang macam macam harokat secara klasikal melalui bimbingan guru
• Menulis macam macam harokat dengan benar
• Menyebutkan macam macam harokat dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat fathah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat fathah
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat fathah
• Menyimak dan menulis harokat fathah dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat fathah dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat fathah dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat fathah pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat kasroh Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat kasroh
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat kasroh
• Menyimak dan menulis harokat kasroh dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat kasroh dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat kasroh dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat kasroh pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan :lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat dhommah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat dhommah
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat dhommah
• Menyimak dan menulis harokat dhpommah dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommah dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommah dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat dhommah pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat fathatain Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat fathatain
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat fathatain
• Menyimak dan menulis harokat fathatain dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat fathatain dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat fathatain dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat fathatain pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat kasrotain Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat kasrotain
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat kasrotain
• Menyimak dan menulis harokat kasrotain dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat kasrotain dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat kasrotain dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat kasrotain pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat dhommatain Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat dhommatain
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat dhommatain
• Menyimak dan menulis harokat dhommatain dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommatain dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommatain dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat dhommatain pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat sukun Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat sukun
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat sukun
• Menyimak dan menulis harokat sukun dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat sukun dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat sukun dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat sukun pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan :lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal harokat Harokat tasydid Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan harokat tasydid
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat tasydid
• Menyimak dan menulis harokat tasydid dengan benar
• Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat tasydid dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat tasydid dengan benar
• Mampu membedakan macam macam harokat
• Mampu menggunakan harokat tasydid pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal huruf Alif layyinah Alif layyinah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan huruf Alif lyyinah
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang huruf Alif layyinah
• Menyimak dan menulis huruf Alif layyinah dengan benar
• Menyimak dan membaca huruf Alif layyinah dengan tepat dan benar
• Menulis huruf Alif layyinah dengan benar
• Membaca huruf Alif layyinah yang dengan benar
• Mampu membedakan Alif layyinah dengan huruf yang lain
• Mampu menggunakan huruf Alif layyinah pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal huruf hijaiyyah yang di baca panjang Baca an panjang Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan huruf hijaiyyah yang berharokat yang di baca panjang
• Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang
• Menyimak dan menulis huruf huruf huruf hijaiyyah yang di baca pamjamg dengan benar
• Menyimak dan membaca huruf huruf hijaiyyah yang berharokat yang dibaca panjang dengan tepat dan benar
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang dengan benar
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang dengan benar
• Mampu membedakan huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang dengan yang di baca pendek
• Mampu menggunakan huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang pada kata kata arab sederhana
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengenal huruf hijaiyyah yang belum berharokat yang bersambung Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
:
• Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah ketika disambung
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung
• Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika disambung
• Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung
• Mengung
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah bersambung yang berharokat tasydid Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang berharokat tasydid ketika disambung
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang berharokat tasydid
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid
• Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika disambung yang berharokat tasydid
• Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid
• Mengung
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah bersambung yang berharokat sukun Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang berharokat sukun ketika disambung
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang berharokat sukun
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun
• Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika disambung yang berharokat sukun
• Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun
• Mengung
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah ketika bersambung didepan Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung di depan Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di depan
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang bersambung di depan
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di depan
• Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika bersambung di depan
• Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang bersambung di depan
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di depan
• Mengung
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah ketika bersambung di tengah Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung di tengah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di tengah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang bersambung di tengah
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di tengah
• Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika bersambung di tengah
• Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang bersambung di tengah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di tengah
• Mengung
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
S I L A B U S
Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas
Mata Pelajaran : Tahaji
Kelas/Semester : I/II
Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah ketika bersambung di belakang Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung di belakang Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa:
• Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di belakang
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah
• Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang bersambung di belakang
• Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di belakang
• Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika bersambung di belakang
• Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang bersambung di belakang
• Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di belakang
• Mengung
• Jenis tagihan : Tugas Individu
• Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji
Iqro
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment