Friday, April 4, 2014

silabus tahaji kelas 1

S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami cara melafalkan huruf huruf hijaiyyah Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal huruf huruf hijaiyyah Huruf huruf hijaiyyah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan bahwa huruf hijaiyyah ada 28 • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga lain tentang huruf huruf hijaiyyah • Menyimak dan menulis huruf hijaiyyah dengan benar • Membaca berulang ulang huruf hijaiyyah secara klasikal melalui bimbingan guru • Menulis huruf huruf hijaiyyah dengan benar • Menyebutkan huruf huruf hija iyyah dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah dengan benar • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan ,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Macam macam harokat Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan bahwa harokat ada 8 • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang macam macam harokat • Menyimak dan menulis macam macam harokat dengan benar • Membaca berulang ulang macam macam harokat secara klasikal melalui bimbingan guru • Menulis macam macam harokat dengan benar • Menyebutkan macam macam harokat dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat fathah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat fathah • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat fathah • Menyimak dan menulis harokat fathah dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat fathah dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat fathah dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat fathah pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat kasroh Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat kasroh • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat kasroh • Menyimak dan menulis harokat kasroh dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat kasroh dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat kasroh dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat kasroh pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan :lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat dhommah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat dhommah • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat dhommah • Menyimak dan menulis harokat dhpommah dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommah dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommah dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat dhommah pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat fathatain Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat fathatain • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat fathatain • Menyimak dan menulis harokat fathatain dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat fathatain dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat fathatain dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat fathatain pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat kasrotain Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat kasrotain • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat kasrotain • Menyimak dan menulis harokat kasrotain dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat kasrotain dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat kasrotain dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat kasrotain pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat dhommatain Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat dhommatain • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat dhommatain • Menyimak dan menulis harokat dhommatain dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommatain dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat dhommatain dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat dhommatain pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat sukun Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat sukun • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat sukun • Menyimak dan menulis harokat sukun dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat sukun dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat sukun dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat sukun pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan :lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal harokat Harokat tasydid Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan harokat tasydid • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang harokat tasydid • Menyimak dan menulis harokat tasydid dengan benar • Menulis huruf hijaiyyah yang ber harokat tasydid dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang ber harokat tasydid dengan benar • Mampu membedakan macam macam harokat • Mampu menggunakan harokat tasydid pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal huruf Alif layyinah Alif layyinah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan huruf Alif lyyinah • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang huruf Alif layyinah • Menyimak dan menulis huruf Alif layyinah dengan benar • Menyimak dan membaca huruf Alif layyinah dengan tepat dan benar • Menulis huruf Alif layyinah dengan benar • Membaca huruf Alif layyinah yang dengan benar • Mampu membedakan Alif layyinah dengan huruf yang lain • Mampu menggunakan huruf Alif layyinah pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/I Standar Kompetensi : Mampu memahami macam macam harokat dan cara membaca huruf hijaiyyah yang berharokat Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal huruf hijaiyyah yang di baca panjang Baca an panjang Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan huruf hijaiyyah yang berharokat yang di baca panjang • Melihat dan menyimak atau menirukan guru/alat peraga tentang huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang • Menyimak dan menulis huruf huruf huruf hijaiyyah yang di baca pamjamg dengan benar • Menyimak dan membaca huruf huruf hijaiyyah yang berharokat yang dibaca panjang dengan tepat dan benar • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang dengan benar • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang dengan benar • Mampu membedakan huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang dengan yang di baca pendek • Mampu menggunakan huruf huruf hijaiyyah yang di baca panjang pada kata kata arab sederhana • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/II Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengenal huruf hijaiyyah yang belum berharokat yang bersambung Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: : • Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah ketika disambung • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung • Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika disambung • Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung • Mengung • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/II Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah bersambung yang berharokat tasydid Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang berharokat tasydid ketika disambung • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang berharokat tasydid • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid • Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika disambung yang berharokat tasydid • Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat tasydid • Mengung • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/II Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah bersambung yang berharokat sukun Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang berharokat sukun ketika disambung • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang berharokat sukun • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun • Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika disambung yang berharokat sukun • Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang berharokat sukun • Mengung • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/II Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah ketika bersambung didepan Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung di depan Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di depan • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang bersambung di depan • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di depan • Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika bersambung di depan • Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang bersambung di depan • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di depan • Mengung • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/II Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah ketika bersambung di tengah Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung di tengah Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di tengah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang bersambung di tengah • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di tengah • Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika bersambung di tengah • Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang bersambung di tengah • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di tengah • Mengung • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro S I L A B U S Nama Madrasah : MI Bahrul ‘Ulum Tambakberas Mata Pelajaran : Tahaji Kelas/Semester : I/II Standar Kompetensi : Mengenal huruf huruf hijaiyyah yang disambung Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/Bahan/Alat 1 2 3 4 5 6 7 Mengetahui perubahan huruf huruf hijaiyyah ketika bersambung di belakang Penulisan huruf hurf hijaiyyah yang bersambung di belakang Secara klasikal,kelompok dan atau individu siswa: • Menjelaskan perubahan bentuk huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di belakang • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara terpisah • Menulis huruf huruf hijaiyyah secara bersambung yang bersambung di belakang • Membaca huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di belakang • Mengetahui perubahan pada huruf hijaiyyah ketika bersambung di belakang • Melafadzkan huruf huruf hijaiyyah yang bersambung yang bersambung di belakang • Menulis huruf huruf hijaiyyah yang bersambung di belakang • Mengung • Jenis tagihan : Tugas Individu • Bentuk tagihan : lisan,tertulis • 4 JP X 35 Menit Kitab tahaji Iqro

No comments:

Post a Comment