Friday, April 4, 2014

Shorof RPP.MTsKelas VII Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 1. Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 1.1 Menjelaskan definisi bina’ III. Indikator. 1. Dapat menjelas-kan definisi bina’ 2. Dapat menyebutkan definisi bina’ 3. Hafal definisi bina’ VI. Tujuan Pembelajaran.. 1. Siswa dapat menjelas-kan definisi bina’ 2. Siswa dapat menyebutkan definisi bina’ 4. Siswa Hafal definisi bina’ V. Materi Ajar. Definisi Bina’ VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan A. Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang Bina’  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan memahami definisi bina’ (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang bina’ dan macam macamnya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian bina’ dan macam macamnya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian bina’ dan macam macamnya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis definisi Bina’ • Siswa membaca definisi Bina’ • Siswa dan guru Mrnyimpulkan definisi Bina’ • Siswa diminta menghafalkan definisi Bina’ VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1.Siswa dapat menjelas-kan definisi bina’ 2.Siswa dapat menyebutkan definisi bina’ 3. Siswa Hafal definisi bina’ Tes tulis Tes tulis Tes Tulis Jawab singkat Uraian Hafalan  Bina’ terbagi menjadi ?  Jelaskan pengertian Bina’ ?  Sebutkan Definisi Bina’? Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 1. Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 1.2 Menyebutkan macam-macam bina’ dan pengertiannya III. Indikator. 1. Dapat menjelaskan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. 2.Dapat menyebutkan macam-macam bina’ 3.Dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan bina’nya 4.Dapat membedakan Bina’ satu dengan bina’yang lain VI. Tujuan Pembelajaran.. 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. 3. Siswa dapat menyebutkan macam-macam bina’ 5. Siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan bina’nya 6. Siswa dapat membedakan Bina’ satu dengan bina’yang lain V. Materi Ajar. Definisi Bina’ VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz.  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menuliskan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. • Siswa membaca pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. • Siswa dan guru Mrnyimpulkan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. • Siswa diminta menghafalkan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1.Siswa dapat menjelaskan pengertian bina’ shohih, mudloaf, misal, ajwaf, naqis, lafif, dan mahmuz. 2.Siswa dapat menyebutkan macam-macam bina’ 3.Siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan bina’nya 4.Siswa dapat membedakan Bina’ satu dengan bina’yang lain Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Bina’ terbagi menjadi ?  Bina’ Mudlo”af Yaitu ?  Hafalkan Macam macam Bina’? Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 1. Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 1.3 Menyebutkan Pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh. III. Indikator. 1. Dapat menjelaskan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh 2. Mampu membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh 3. Menghafalkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh 4. Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh 2. Siswa membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh 3.Siswa mampu menghafalkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh 4.Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya V. Materi Ajar. Definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian Definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian Definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian Definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh • Siswa membaca definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh • Siswa dan guru Mrnyimpulkan definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh • Siswa Diminta menghafalkan definisi Wazan,Mauzun dan Muthobaqoh VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1.Siswa dapat menjelaskan definisi Tasrif,Wazan,mauzun dan Muthobaqoh 2.Siswa dapat membedakan wazan, mauzun dan muthobaqoh 3. Siswa mampu menghafalkan pengertian tashrif ,wazan, mauzun dan muthobaqoh 4.Siswa dapat Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan wazannya Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Ada berapakah Wazan itu?  Wazan yaitu ?  Hafalkan Macam macam Wazan? Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 1. Memahami istilah istilah dalam ilmu shorof. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 1.4 Menyebutkan Pengertian Shighot dan macam macamnya. III. Indikator. 1. Dapat menjelaskan pengertian Shighot 2. Dapat menyebutkan macam macam Shighot 3. Dapat menyebutkan definis dari macam-macam Shighot 4. Hafal macam macam Shigot serta pengertiannya 5.Dapat Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Shighot 2. Siswa dapat menyebutkan macam macam Shighot 3. Siswa dapat menyebutkan definis dari macam-macam Shighot 4. Siswa hafal macam macam Shigot serta pengertiannya 5. Siswa dapat Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya V. Materi Ajar. Definisi Shighot dan macam macamnya VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Shighot dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang definisi Shighot dan macam macamnya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang definisi Shighot dan macam macamnya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang definisi Shighot dan macam macamnya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan definisi Shighot dan macam macamnya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis definisi Shighot dan macam macamnya • Siswa membaca definisi Shighot dan macam macamnya • Siswa dan guru Menyimpulkan definisi Shighot dan macam macamnya • Siswa Diminta menghafalkan definisi Shighot dan macam macamnya VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Shighot 2. Siswa dapat menyebutkan macam macam Shighot 3. Siswa dapat menyebutkan definis dari macam-macam Shighot 4.Siswa hafal macam macam Shigot serta pengertiannya 5. Siswa dapat Mengidentifikasikan suata lafadz dan menemukan Shighotnya Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Macam macam sighot ada  Isim Fa’il yaitu ?  Hafalkanlah macam macam sighot ! Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 2. Memahami Fi’il Tsulatsi Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 2.1. Menyebutkan pengertian fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya. III. Indikator. 1. Menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod 2. Menyebutkan macam-macam Fi’il tsulasi mujarrod 3. Menyebutkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod 4. Hafal wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod 2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam Fi’il tsulasi mujarrod 3. Siswa dapat menyebutkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod 4. Siswa hafal wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod V. Materi Ajar. Definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan definisi Shighot dan macam macamnya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya • Siswa membaca definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya • Siswa dan guru Menyimpulkan definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya • Siswa Diminta menghafalkan definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Fi’il tsulasi mujarrod 2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam Fi’il tsulasi mujarrod 3. Siswa dapat menyebutkan wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod 4. Siswa hafal wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Fi’il tsulasi mujarrod ada ?  Fi’il tsulasi mujarrod yaitu ?  Hafalkanlah wazan wazan Fi’il tsulasi mujarrod! Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 3. Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 3.1. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I. III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I • Siswa wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I • Siswa dan guru Menyimpulkan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab I Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 3. Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 3.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II • Siswa wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II • Siswa dan guru Menyimpulkan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab II Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 3. Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 3.3. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III • Siswa wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III • Siswa dan guru Menyimpulkan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III 3. 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab III Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 3. Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 3.4.Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV • Siswa wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV • Siswa dan guru Menyimpulkan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 2. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab IV Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 3. Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 3.5. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V • Siswa wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V • Siswa dan guru Menyimpulkan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 3. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab V Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 3. Memahami Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 3.6.Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il tsulasi mujarrod dan macam macamnya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI • Siswa wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI • Siswa dan guru Menyimpulkan tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 4. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Tsulasi Mujarrod Bab VI Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 4. Memahami Fi ’il Ruba'i Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 4.1. Menyebutkan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod III. Indikator. 1. Menjelaskan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod 2. Menyebutkan wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod 3. Hafal wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Fi ’il Ruba'i Mujarrod 2. Siswa dapat Menyebutkan wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod 3. Siswa Hafal wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (Eksplorasi) B. Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod • Siswa dan guru Menyimpulkan Fi ’il Ruba'i Mujarrod • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 5. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod 2. Siswa hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Fi ’il Ruba'i Mujarrod adalah ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 4. Memahami Fi ’il Ruba'i Mujarrod. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 4.2. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod VI. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (Eksplorasi) C. Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi ’il Ruba'i Mujarrod dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod ada ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 5.Memahami Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 5.1. Menyebutkan pengertian fi’il Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq dan macam macamnya III. Indikator. 1. Menjelaskan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq 2. Menyebutkan macam-macam wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq 3. Hafal wazan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq VI. Tujuan Pembelajaran 1. Menjelaskan pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq 2. Menyebutkan macam-macam wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq 3. Hafal wazan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq dan wazannya  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq dan wazannya (Eksplorasi) D. Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 4. Siswa dapat Mentasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod Mulhaq 5. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi ’il Ruba' Mujarrod Mulhaq 6. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi ’il Ruba' Mujarrod Mulhaq Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq ada ?  Sebutkan Wazan Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Fi ’il Ruba'i Mujarrod Mulhaq Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.1 Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I dan wazannya (Eksplorasi) Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab I Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab I ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab I  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab I Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.2 Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II dan wazannya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab II Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab II ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab II  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab II Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.3 Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq III dan wazannya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq III dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab III Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab III ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab III  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab III Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.4. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq IV dan wazannya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq IV dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab IV Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab IV ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab IV  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab IV Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.5 Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq V dan wazannya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq V dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab V Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab V ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab V  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab V Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.6. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq VI dan wazannya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq VI dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VI Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab VI ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab VI  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab VI Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Madrasah : MTs.Fattah Hasyim Bahrul ‘Ulum Mata Pelajaran : Shorof Kelas/Semester : VII / 1 Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit I. Standar Kompetensi. 6.Memahami Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq. dan menerapkannya dalam kaidah bahasa Arab II. Kompetensi Dasar. 6.7. Menyebutkan Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII III. Indikator. 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII VI. Tujuan Pembelajaran 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII V. Materi Ajar. Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII VI. Metode Pengajaran. Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. VII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan Nilai yang ditanamkan  Pendahuluan : Apersepsi dan Motivasi :  Menanyakan kepada siswa tentang definisi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan  Kegiatan inti  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII dan wazannya (eksplorasi)  Siswa membaca berbagai sumber tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq VII dan wazannya (Eksplorasi)  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII dan wazannya (Elaborasi)  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq VII dan wazannya (Konfirmasi)  Kegiatan penutup.  Guru melaksanakan penilaian lisan  Memberikan tugas pengayaan  Pemahaman Konsep  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama VII. Langkah-langkah Pembelajaran. • Menulis pengertian Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq • Menulis wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII • Siswa dapat Menyebutkan wazan dan mauzun tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII • Siswa dan guru Menyimpulkan wazan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII • Siswa diminta menghafalkan wazan dan mauzun Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII VIII. Sumber Belajar • Kitab al amtsilah at tashrifiyah • Tashrif Kilat • Buku-buku penunjang. IX. ASSESSMENT/ PENILAIAN Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama 1. Mentasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII 2. Hafal Wazan dan Mauzun Tasrif isthilahi Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII 3. Siswa dapat menentukan Bina’,waza dan Sighot dari kalimat yang sesuai dengan Fi’il Ruba’i Mujarrod Mulhaq Bab VII Tes tulis Tes tulis Tes lisan Jawab singkat Uraian Hafalan  Wazan Fi ’il Mujarrod Mulhaq Bab VII ada ?  Sebutkan Wazan Mujarrod Mulhaq Bab VII  Hafalkanlah Wazan dan Mauzun Mujarrod Mulhaq Bab VII Mengetahui, Jombang,10 Juli 2012 Kepala MTs.Fattah Hasyim Guru Mata Pelajaran H.Moh.Yahya Husnan Hamam Nasiruddin

1 comment: